Charting a Company’s Direction


Charting a Company’s Direction: Its Vision, Mission, Objectives and Strategy
– Developing strategic vision, mission ?statement and core values ?
– Setting Objectives and Crafting a ?Strategy ?
– Evaluating Performance ; Making ?Corrective Adjustments ?Case Analysis: Costco Wholesale in 2016: Mission, Business Model and Strategy (Case 04) ?
Misi dari Costco adalah:
” To continually provide our members with quality goods and services at the lowest possible price”
untuk mencapai misi tersebut, mereka menjalankan bisnisnya dengan budaya perusahaan yang baik, serta menanamkan perilaku yang baik dari semua kegiatan operasinya yaitu :
1. mematuhi hukum.
2. memberikan perhatian kepada para member.
3. memberikan perhatian kepada para karyawan/pekerja.
4. menjaga serta menghargai para supplier.
5. serta memberikan reward kepada para pemegang sahamnya.
Hal hal tersebut mendorong setiap anggota karyawan Costco dapat memahami rencana strategis perusahaannya.

Strategi utama yang digunakan Costco adalah strategi penetapan harga.
Elemen utama Costco dari strategi penetapan harga adalah:
1. Mereka menawarkan berbagai macam produk dengan biaya terendah
2. Beragam produk yang dijual oleh Costco – tujuan nya adalah 1 tempat yang dapat memenuhi semua kebutuhan (one stop destination)
3. Volume produk yang mereka jual juga sangat besar

Costco menjual produk dengan harga lebih rendah bila dibandingkan dengan pengecer lainnya. Dengan menawarkan barang dengan jumlah besar dan dengan harga yang lebih rendah ke berbagai outlet Costco hal ini membuat Costco lebih efisien dan menghasilkan lebih pembeli. Costco tidak hanya menjual produk tapi juga menjual layanan lainnya untuk menarik lebih banyak pelanggan. Layanan ini meliputi apotek, optik, pusat cetak / fotokopi dan pusat bantuan pendengaran. Karena pelanggan mencari layanan yang berbeda dan datang ke toko untuk mendapatkan layanan ini, mereka juga tertarik dengan produk Costco dan akhirnya mereka juga membeli produk tersebut.
Strategi utama lain yang diikuti oleh Costco adalah “Treasure-Hunt Merchandising”. Strateginya adalah untuk menarik pembeli dengan menawarkan penawaran yang tak tertahankan pada item harga yang mahal dan barang bermerek. Selain itu, Costco terus mengubah produk serta menambahkan barang unggulan “Treasure-Hunt Merchandising”. agar tetap menarik pelanggan daripada hanya melayani pelanggan reguler.
Biaya operasi yang rendah adalah penekanan Costco terhadap strategi Costco dan kunci dari rendahnya harga produk. Manajemen Costco secara khusus mencari warehouse di titik yang tepat untuk mempermudah proses distribusi. Selain itu, pengelolaan warehouse dan membership yang efektif bagi pelanggan mereka juga berkontribusi pada elemen strategi Costco.

Financial objective dapat kita lihat dari Strategi pertumbuhan Costco. Yaitu perusahaan menargetkan kenaikan penjualan sebesar 5% dan membuka lebih banyak toko internasional dan domestik.
Keberhasilan strategi Costco telah membuat perusahaan menjadi peritel terbesar ke-3 di A.S. Sangat penting untuk mengatakan bahwa perencanaan dan pelaksanaan yang efisien dari elemen strategis adalah kunci keberhasilannya.

Strategi Kompetisi Pesaing terbesar Costco adalah Sam’s Club (anak perusahaan dari Wal-Mart) dan Grosir BJ. Costco mengoperasikan 697 warehouse di Amerika Serikat (exhibit 4) sedangkan Sam’s Club mengoperasikan 647 warehouse di Amerika Serikat dan Puerto Rico (exhibit 5). Strategi dari Sam’s Club mirip dengan Costco. Yaitu dengan biaya keanggotaan. untuk anggota bisnis di Sam’s Club berharga $ 45 per tahun. Anggota bisnis juga dapat menambahkan hingga delapan associate masing-masing $ 45 biaya keanggotaan premium $ 100 per tahun. Ini dibandingkan dengan Costco’s $ 50 per tahun untuk keanggotaan bisnis namun keanggotaan biaya keanggotaan premiumnya juga $ 100 per tahun, Sam’s Club menawarkan nama merek, barang bermutu dengan harga murah. mereka juga menggunakan metode yang sama dalam melakukan stocking yaitu sekitar 4.000 item. Kesamaan lain terjadi antara Costco dan Sam’s Club adalah bagaimana mereka menampilkan barang-barang mereka. Kedua retailer ini menumpuk persediaan mereka di lantai dengan tujuan memungkinkan penurunan tenaga kerja dalam hal restocking.
Meskipun Sam’s Club tampaknya memiliki Strategi yang sangat mirip tetapi mereka tidak melakukan efisiensi yang sama seperti Costco. Costco berjalan lebih efektifsehingga membuat Sam’s Club menjadi pesaing yang inferior.
Sementara Sam’s Club dan Costco memiliki strategi bisnis yang serupa, warehouse dari BJ’s menggunakan beberapa teknik yang berbeda. Kualitas barang dagangan dan harga jual rendah nampaknya sama dengan dua kompetitor lainnya.
Model operasi adalah perbedaanny. BJ’s menawarkan 7.000 item yang berbeda dimana Sam’s dan Costco hanya menawarkan 4.000. Juga untuk membuat pengalaman berbelanja lebih baik bagi pelanggan BJ’s menambahkan tanda tanda di lorong dan alat bantu penjualan berbasis video. Toko mereka beroperasi lebih lama dari yang lainnya. Ukuran paket yang lebih kecil juga ditawarkan, mirip dengan ukuran toko kelontong, bertentangan dengan produk berukuran industri yang ditawarkan Sam’s Club dan Costco
Di sini terlihat Costco jelas memiliki yang strategi terbaik dari ketiganya, karena berdiri sebagai pemimpin industri. Meski Costco dan Sam Klub memiliki strategi serupa sehingga strategi Sam’s Club lebih lemah. Gudang BJ memiliki strategi yang sedikit berbeda, namun telah membedakan dirinya secara efektif dan bisa akhirnya menantang Costco bahkan lebih dari Sam’s Club

Analysis keuangan
Dengan membandingkan data keuangan dari Costco, Sams Club dan Bj wholesale ,Exhibit 1,5,7 untuk menentukan kinerja keuangan perusahaan yang kuat.
Kita bisa mengevaluasi kinerja keuangan di atas pada berbagai parameter keuangan.

Nett Profit
Costco lebih unggul dalam hal laba bersih per tahun yaitu $ 2377 (Costco) , $ 1976 (sam’s club)dan $ 95 dalam BJ’s,
kenaikan pertumbuhan laba bersih masing-masing perusahaan per tahun adalah 18,44% pada Costco dan 7,84% pada sams dan 6,38% BJ berdasarkan CAGR. jadi kita bisa mengatakan bahwa Costco memiliki pertumbuhan pendapatan lebih tinggi dari tahun ke tahun dibandingkan dua lainnya.

Asset
Costco memiliki total aset pada akhir tahun 2015 yang mencapai $ 33440 dan untuk kereta api itu adalah $ 13995 dan untuk BJ itu adalah $ 2322 sehingga menceritakan ukuran Costco dalam perbandingan orang lain. pertumbuhan total aset berbasis CAGR untuk costco adalah 19,15% dan untuk naiknya 18,87% dan untuk BJ adalah 16,51%. Jadi di depan pertumbuhan lagi costco menang.

Pendapatan rata-rata per pendirian untuk costo adalah $ 165,7 ketika untuk naiknya adalah $ 89,6 dan untuk BJ itu adalah $ 53 sehingga pada parameter ini kinerja costco lebih tinggi daripada yang lain dua.

Penghasilan per ekuitas lebih sebagai $ 5,37 pada tahun 2015 di costco daripada dua lainnya dan costco mempertahankan pertumbuhan pendapatan rata-rata per ekuitas selamanya. Cash dan cash euivelent yang dimiliki oleh costco jauh lebih baik daripada yang lain dua daripada menceritakan tentang posisi liuidity yang kuat dari costco.Costco mempertahankan peningkatan besar dalam aset lancar daripada dua per tahun. Peningkatan signifikan pada properti dan peralatan di costco meningkat dari 4834 Pada tahun 2005 menjadi $ 15401 pada tahun 2015 memiliki kinerja super lebih dari dua lainnya.
Pada parameter costco debt jangka panjang walaupun mengalami kenaikan dari tahun 2005 sampai dengan tahun 2014 namun pada tahun 2015 costco berhasil menurunkan total hutang jangka panjangnya yang menandai pembalikan siklus ini, sehingga costco berhasil mengelola hutang jangka panjangnya dan saat ini masuk siklus terbalik
Aset Bersih per euity meningkat dari 2,03 menjadi 3,08 dari tahun 2005 sampai 2015 yang mengatakan bahwa aset bersih meningkat jauh lebih baik daripada dua di costco
Di depan geografis kami menganalisis dari dia memberikan data bahwa costco memiliki lebih banyak kesempatan di luar AS dan beroperasi dengan sukses di sana dalam perbandingan dua lainnya yang lebih berpusat pada AS.
pada parameter pada BJ anggota baru hanya meningkat dari 8700 anggota menjadi 9600 anggota dan costco telah meningkatkan basis anggotanya dari 14700 menjadi 41100 yang jauh lebih baik dari BJ dan akan memberi keuntungan pada costo lebih lanjut.
Dividen dari Costco selalu dalam mode peningkatan yang memastikan bahwa pertumbuhan perusahaan itu nyata. sementara yang lain dua tidak memiliki data tentang pembagian dividen.
Jadi dari analisis di atas dapat kita katakan bahwa di setiap lini seperti ukuran organisasi, preset geografis, jumlah aset, asets bersih, jumlah anggota yang terkait, penjualan, pendapatan, pendapatan operasional, manajemen hutang, jumlah pendirian, pertumbuhan, kinerja dari cosctco lebih unggul dari klub Sams dan grosir Bj.

Inti dari strategi bisnis Costco adalah penetapan harga yang kompetitif . Setiap perusahaan perlu memiliki atribut yang bertindak sebagai keunggulan kompetitif dibandingkan perusahaan lain dan membantu menarik pelanggan. Dalam kasus ini, memberikan produk dengan harga sangat rendah adalah keuntungan mereka. Di sisi lain, perusahaan mempertahankan margin yang sangat rendah untuk dirinya sendiri yang meningkatkan penjualan impas. Dengan Costco yang berhasil mencapai penjualan kebutuhan, mereka dapat melanjutkan strategi ini. Selain itu, rendahnya harga meningkatkan permintaan terhadap produk yang menghasilkan perputaran persediaan yang cepat. Hal ini membuat perusahaan memiliki modal yang baik di tangan pada setiap titik waktu, bukan memperketat semua sumber keuangan.
Saran. Costco dapat menginvestasikan uangnya dalam kegiatan rutin atau melakukan investasi ke bisnis yang baru.

Demikian analysis yang saya buat dari case 04 “Costco Wholesale in 2016 Mission, Businnes Model, and strategy”
Kiranya dapat dikoreksi untuk proses analysis yang saya buat, dan bisa diterangkan lebih lanjut mengenai analysis seperti apa yang baik dalam membahas issue yang ada pada strategy perusahaan.

Terima kasih untuk perhatiannya.
Tomy

1600004704

1. Competitive Advantages Costco’s wholesale is better than Sam’s Club & BJ’s Wholesale: 1. Low Price 2. Good customer service. 3. Good Customer care. 4. Effective Social network. ¬Costco have winning strategy to focus on customer need (Lowest price) and try to satisfy them (customer care ; service).
2. 90. Costco’s Prices ¬Costco Prices are Lowest. (they always try to make try to make price is lower than their rivals) 1. Focusing on customer need. (Business strategy) (Buy quality product with the best price to save money). 2. Try to improve customer care & service better than other rival – payment, delivery methods…

1. SWOT Analysis STRENGTHS WEAKNESSES – Well-perceived private label brand (Kirkland Signature) (Euromonitor, 2015). – Available gasoline and other additional services encourage more frequent shopping (MartketLine, 2015). – Higher market coverage (9 markets) compared to Sam’s Club (only 4) (Euromonitor, 2015). – Low cost operating model (MarketLine, 2015). – Healthy financial position (Euromonitor, 2015). – Dependence on North America markets (MarketLine, 2015). – Limited product choice (only 3,700 products) (MartketLine, 2015).
2. 97. SWOT Analysis OPPORTUNITIES THREATS – International expansion enable Costco to access to a large customer base(Euromonitor, 2015). – Multichannel retailing enables Costco to widen its reach (Euromonitor, 2015). – Face fierce competition from various types of retailers (Euromonitor, 2015). – Catered to middle-high income class but faces challenges in US as such class proportion continues to decrease (Euromonitor, 2015). – Low customers’ loyalty.
3. 98. Recommendations Recommendation 1: Focus in developing internet retailing and multi-channel strategies – Capitalize on its strong financial position to invest in creating new retailing channels. – Allow to minimize threats posed by other retailing channels. – Stronger online presence enables Costco to reach a wider customer base.
4. 99. Recommendations Recommendation 2: Global expansions into untapped markets – Reduce Costco’s dependence on North America market. – Partnerships with other Internet retailers can allow Costco to enter untapped markets without physical presence.